tahun pertama periode kedua

Jumat, 22 Oktober 2010
gatel rasanya lidah gw kalo ga ikutan ngomongin hal ini. satu tahun jilid kedua-nya pemerintahan SBY. IMHO, pemerintahan SBY lebih mantap pas kerja bareng JK. dari sudut pandang gw yang sotoy ini, SBY memiliki kecenderungan untuk memilih memikirkan masak-masak masalah yang dia hadapi dan memikirkan kemungkinan peluang terbaik untuk masa depan. jadi lebih memikirkan jangka panjang. padahal, cuma 2 periode yang bisa dia jalankan dan PR-nya masih numpuk. JK memiliki kecondongan untuk menyelesaikan masalah dengan cepat, terlihat pada slogannya. dia cenderung meledak-ledak untuk segera dicari solusinya. karena dia belum memimpin secara langsung, gw juga ga tau banyak tentang kepemimpinannya. tapi sejauh yang gw liat, JK cukup emosional dalam menghadapi masalah. bener-bener duet maut. duet raja dangdut rhoma-ridho juga kalah dah!

ganteng bener da ah...!

ketika berpasangan dengan budiono, loyo! dua-duanya loyo.

gw ga nyari-nyari kesalahan budiono, karena dia juga punya andil yang besar dalam menghindari peluang terjadinya krisis ekonomi yang kedua. buktinya udah jelas, ga ada krisis ekonomi! drama century lebih mirip sinetron kalo gw jabarin, ghehehe.

ini juga ganteng kok. jangan nangis dong, bud :p
dan setahun duet sby-budiono ini, gw ga ngerasain ada perubahan signifikan dalam berbagai aspek. kita bisa liat, tingkat kemiskinan yang masih tinggi (Ketua DPRD Kota Kendari yang berasal dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) bersatu, Abdul Rasak, SP), diawal pemerintahan, mereka digoncang dengan kasus skandal Century yang mengharuskan mereka merombak kabinet (Dosen Sosial Ekonomi, Fakultas Pertanian, Universitas Haluoleo, Kendari, Sultra, Azhar Bapadal), belum tuntasnya masalah HAM (termasuk video kekerasan TNI di papua), kasus mafia pajak, konflik perbatasan dengan malaysia hingga voting yang dilakukan berdikari.com menunjukkan bahwa sektor yang paling minim untuk dilakukan pengembangan oleh pemerintah adalah pembangunan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

apa ini artinya 1 tahun ini mereka ga kerja? ya enggalah, seenggaknya nyapu rumah kalo pembantu ga ada boleh lah. gheheh. oke, beberapa hasil kerja mereka adalah: pemerintah berusaha tidak menon-aktifkan bibit candra sebagai ketua KPK sebagai bentuk intervensi positif presiden dalam kaitannya membentuk satgas mafia korupsi dan tim 8, meningkatkan kesejahteraan guru dan dosen dalam memberikan tunjangan profesional melalui sertifikasi guru dalam jabatan, program jamkesmas berupa askes untuk penduduk miskin dan tidak mampu, menekan rencana pengeluaran pemerintah, sama... udah itu doang. gw ga nemuin lagi hasil kerjanya. ada yang mau nambahin?

semoga aja pak presiden baca tulisan ini. jadi tau mana yang lebih urgent untuk diselesaikan. macam gw pengamat potik aja ya :p. seandainya semua mahasiswa ngebuat blog dan nulis semua pemikirannya dalam blog kayaknya bakal lebih bagus dan lebih ada kemungkinan untuk dibaca deh, daripada melakukan demo dan membakar ban dijalan. yang ada aspal rusak dan akan ada pengeluaran lagi. padahal mahasiswa sendiri belum ada pemasukan bagi devisa negara. apalagi yang nyampe 7 tahun di kampus. belajar apa pacaran?

ah, gw ngelantur. intinya, pemerintah sby tidak sepenuhnya tidak bekerja. ada beberapa hal yang harus kita hormati. periode pertama pemerintahan SBY gw nilai baik, meski ada beberapa kekurangan. di periode kedua ini gw lebih setuju untuk membiarkan pemerintah berjalan 5 tahun, baru kita nilai kinerjanya. jangan sampe ada penggulingan pemerintahan lagi. revolusi seperti ini tidak bagus untuk masyarakat dari berbagai sektor dan aspek. apalagi bagi petani yang lahannya di sengketa. jadi pengen nangis ngeliatnya... :p

14 komentar:

tukangpoto mengatakan...

Nggak selesai-selesai kalo ngomongin politik mah..hehe:D

r10 mengatakan...

sby pura2 ga tahu dan pura2 bloon tentang penegakan hukum, mulai dari kasus bibit-chandra sampai kasus pemberian remisi terhadap koruptor

Piacerre Sinyorin ☺ mengatakan...

selama negara ini ada, politik bakalan terus ada. dan gesekan juga pasti ada ;p well gue`pun termasuk orang yang pengen masuk ranah politik tapi bukan yang praktis juga sih, ya ga jauh-jauhlah being diplomat as well muahaha :)) semoga makin ke sana indonesia bisa makin ke arah yang lebih baik, mengkritisi boleh tapi jangan lupa kita sebagai individu buat turut ngebantu :D ngasih jalan keluar.

ReBorn mengatakan...

^tukangpoto
ini juga gw sotoy aja. ghehehe...

^R10
bisa jadi, tapi menurut gw dia terlalu berhati-hati atau terlalu membebaskan penegakan hukum. padahal sebagai seorang bapak (presiden), kalo anaknya (pejabat terkait) terlalu lama bermasalah, si bapak wajib untuk membantu.

^ata
ini salah satu cara gw untuk membangun indonesia. lebay ya? ghehee. tukang kayu ga harus pinter masak. tukang kritik juga ga harus pinter ngasi solusi kan? :)

H. Nizam mengatakan...

Kemarin saya komentar kok tidak muncul?

Singkatnya saya sependapat dengan anda bahwa tidak banyak prestasi yang menonjol pada tahun pertama ini.
Tapi karena baru satu tahun, perlu diberi kesempatan paling tidak 2 tahun lagi.

ReBorn mengatakan...

masa sih pak?

kenapa harus nunggu 3 tahun pak? apa setelah 3 tahun, kalo masih begini aja harus digulingkan juga? gw trauma dengan revolusi demokrasi ke uharto. efeknya bener2 ga bgus buat rakyat kecil kayak gw. :)

the dream catcher mengatakan...

hmmh, sebel gak sebel masih ada 4 thn lagi masa pemerintahannya. Baguslah sekarang dibatasin hanya dua kali pemilihan. Mudah2an gak berubah undang - undangnya

makhluklemah mengatakan...

romantis ya

ReBorn mengatakan...

^the dream catcher
ga boleh berubah, biar demokrasi tetap berjalan.

^makhluk lemah
ya... gitu lah. :)

ChugyGogog mengatakan...

Wakil president sekrang memang belum terlihat jelas kinejanya...nongol di tv juga bjarang ....!!!

Kayanya lebih bagus JK.
Met pagi brader selamat beraktifitas.

aLamathuR d'hileudjapanist II mengatakan...

Betul, gw setuju gan. Biarpun gw asli bkn pendukungnya Pak Beye, tetapi gw tetep menghargai kerja keras beliau dalam memimpin negeri ini.

Sebenernya salah kita juga kalo semua kebijakan (yang dipandang perlu oleh sebagian kalangan) selalu mau direalisasikan secara instan. Sementara plus minusnya belum tentu dikaji lebih dalam lagi...

orang2 yang mengklaim dirinya pakar dan pengamat politik pun, ane lihat sebagian diantara mereka cuman cari muka dengan ulasan2 dangkalnya... mungkin biar populer kali yaks...

Pokoknya pemerintahan ini ga ada salahnya lah kita berikan kesempatan.. toh, kalopun rakyat ini ngotot pengen ada perubahan (*bahasa halus dari penggulingan, red), memangnya para penggantinya udah ada? udah siap? udah cukup pinter? siapa aja mereka???

debhoy mengatakan...

tak ada yang sempurna di dunia ini toh :D
setahun bukan waktu yang cukup utk memperbaiki keporakporandaan negara ini #opinisaya

TUKANG CoLoNG mengatakan...

ikut aksi gag?

ReBorn mengatakan...

^ChugyGogog
gw pikir juga gitu. met pagi juga sob. :)

^aLamathuR d'hileudjapanist II
gw seneng kita sependapat. tapi kalo pengganti, gw setuju pak JK. ghehehe.

^debhoy
tapi sebaiknya ada jalan meunuju yang lebih baik. seharusnya ada kemajuan dalam setahun. tapi gw masih setuju untuk di kasih kesempatan sampai akhir periode.

^svkrawan
ghahaha, makasih. itu sama sekali ga penting. gw terima debat tentang demo disini. :)