garuda selalu di dada ku!

Selasa, 14 Desember 2010
Pemakaian lambang negara Garuda Pancasila di dada kaos timnas Indonesia bagi David Tobing bukan sekadar masalah sepele. Bahkan  pecinta Timnas ini akan melayangkan gugatan ke PSSI di pengadilan.

ada apa ni, bo? kenapa garuda ga boleh di dada? david tobing sapa sih?

Menurutnya, kalau dilihat kelaziman internasional, yang dicantumkan di baju tim sepakbola adalah logo sponsor, merek kaos dan logo organisasi sepakbolanya. Selain itu, yang sering dilihat di dada kiri adalah lencana atau atribut yang berbentuk pin berpeniti.
Dan kalau pun sedang mengemban tugas negara, lencana tersebut harus dipakai bila berada di luar negeri. "Nanti Chris John juga bisa pakai lambang Garuda di celananya kalau bertanding dengan petinju lain," tegas David.

Indonesia kan memang negara yang ga lazim. gheheeh, jadi ga masalah dong peletakan garuda di dada? lah, mang klo lambang garuda di celana kenapa? orang amerika aja bendera dijadiin bra ama cangcut biasa-biasa aja. lagian david sapa sih?

"Gugatan saya cuma supaya Timnas tidak memakai logo Garuda. Kalau dihitung secara materi, saya malah yang rugi karena merogoh kocek sendiri. Tapi ini kan bukan masalah materi. Ini masalah nasionalisme," tegas David.

halah elah, gaya loe. cuma 495K doang sok-sok ngaku nasionalisme. sini gue bayarin! *cek dompet* gheheeh, nyicil deh ya, sekarang gue kasih goceng dulu. DAVID ITU SIAPA, MPRET?

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 24 TAHUN 2009 
TENTANG BENDERA, BAHASA, DAN LAMBANG NEGARA, SERTA LAGU KEBANGSAAN
BAB IV: lambang negara 
bagian kedua: penggunaan lambang negara 
pasal 57 
Setiap orang dilarang: 
a.  mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara; 
b.  menggunakan Lambang Negara yang rusak dan tidak sesuai dengan bentuk, warna, dan perbandingan ukuran; 
c.  membuat lambang untuk perseorangan, partai politik, perkumpulan, organisasi dan/atau perusahaan yang sama atau menyerupai Lambang Negara; dan 
d.  menggunakan Lambang Negara untuk keperluan selain yang diatur dalam Undang-Undang ini. 

haduh, iseng banget gue ya. disitu ga ada larangan make garuda dimana. dimanapun boleh yang penting TUJUANnya sesuai. nah, David Tobing ternyata adalah....tetteret tet tet... creet.. broot, seorang pengacara publik. tapi gue ga yakin dia sedang mencari nasionalisme. gue yakin dia cuma cari muka :p. nih biar ga cape nyarinya...

Ambil tuh muka... :p
sumber: detikcom dan Undang-Undang RI

27 komentar:

Adi Chimenk mengatakan...

pengacara publik lagi sepi job,terus bikin sensasi biar dapet job! picik sekali ini pengacara publik. gw kasih sempak juga deh..haha

multibrand mengatakan...

Posting yang menarik untuk dibaca dan diberi komentar.

Saya sependapat bahwa Timnas memakai lambang Garuda tidak dengan cara yang melanggar UU tsb.
karena maksud dan tujuan pemakaiannya adalah dalam rangka membela bangsa dan negara kita.

Tentang maksud dan tujuan pengajuan gugatan tsb, saya tidak bisa berkomentar.

ReBorn mengatakan...

^cimeng
gheheeh, enak ya ngomongin orang. :p
well, gue juga ga tau sih motif nya. 2 kalimat terakhir itu cuma joke doang. gheehhe.

^harry
seneng deh klo kita sependapat. masalah motif penggugatan, ghhehe, kan saya bilang itu "menurut saya". :D

aciid !!!!!! mengatakan...

yah salah lagi neh -.-"
truz gmna tuh mauna si tobing -.-"

Adi Chimenk mengatakan...

sebenarnya gak usah pake gugat menggugat lah..., hal semcam ini juga pernah dibahas di tetangga sebelah (kaskus). Banyak yg bilang, kenapa kostum timnas kita gak pake lambang PSSI?? dan jawaban para kaskuser adalah..??? jreng..jreng..jreng..towet..!!

KARENA PEMAIN TIMNAS ADALAH PEMAIN YANG MEMBELA INDONESIA BUKAN PEMAIN YANG MEMBELA PSSI. DAN SUPPORTER MENDUKUNG INDONESIA BUKAN MENDUKUNG PSSI..
hehehe...:p

Zulfadhli's Family mengatakan...

Hihihi baru tau gw ada berita begini. Menurut gw David Tobing lagi kaga ada klien, makanya dia cari cara supaya ada kerjaan

Well, selama TIMNAS betanding demi mengharumkan nama bangsa menurut gw seh sah2 ajah. Kecuali TIMNAS nya ikut tawuran *mulai ngawur dah gw*

Ya sutralah, gw mo masak dulu. Salam metal ajah buat Om david Tobing dari Zahia + emaknya :-)

the dream catcher mengatakan...

no komen ah... Ntar gue dituntut melakukan pencemaran nama baik... Hihihihih... Malas urusan sama semua yang mesti ke pengadilan *AMIT2*

dEvi mengatakan...

haduh2 mbok ya mikir2 dulu donk tu si om David klo mau ngomong..bisa dihajar bonek se-Indonesia tuh *perasaan bonek cm di Surabaya yah, hehehe*

cari sensai aja c lue om om... :gelenggeleng:

aciid !!!!!! mengatakan...

besok malem kita pasti menang :)

ReBorn mengatakan...

^acid
tau ni si tobing, nakal... :p
nobar kita? :)

^Zulfadhli's Family
ghehehe, alasan yang lebih masuk akal. :)
wah, salam sulit saya sampaikan bu. lagi sibuk diwawancarai dia sekarang. :p

^ria
ya klo nama nya baik c ga papa, tapi ini kan namanya david. ghehehe.

^devi
kasihan ya om satu ini. :)

ReBorn mengatakan...

^cimeng
jawaban lu emang manteb meng!

Khoirul Huda mengatakan...

bisa-bisanya ya nyari sensasi, kenapa g dulu aja waktu pilem garuda di dadaku aja dia protesnya

ReBorn mengatakan...

^huda
dia baru punya duit sekarang. ghahaha... :p

r10 mengatakan...

coba deh bayangin lambang negara kita dipakai di celana renang cowo... yang model cd lho....

harga diri bangsa ini bagaimana?

ReBorn mengatakan...

^r10
menurut gue sih tergantung tujuan penggunaannya. selama buakan bertujuan menghina, ga jadi masalah buat saya pribadi. walaupun nasionalisme ga harus diperlihatkan secara visual, tapi peletakan atribut negara di berbagai tempat diharapkan bisa meningkatkan nasionalisme bagi yang melihat atau menggunakannya.

multibrand mengatakan...

Mudah2an hakim pengadilan akan menyikapi gugatan tsb. secara bijaksana dengan mempertimbangkan bahwa maksud dan tujuan pemakaian lambang Garuda oleh Timnas untuk membela bangsa dan negara.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

merdekaaaa!!!

Anazkia mengatakan...

Haiii... Salam kenal *eh, aku dah kenal belum yah ama pemilik blog ini?* hehehe....

Maaf, sebelumnya mau berpanjang lebar dulu. Kayaknya pemilik blog ini sering banget berkunjung ke blogku, tapi tidak denganku :( Ini dikarenakan saya sedang migrasi ke kampung sebelah dan menetap menjadi warga sana *berpaling ke multiply* hehehe Dan sekarang, sedang tertatih untuk kembali aktif di blogspot, Insya Allah. Jadi mohon maaf kalau saya jarang kemari. Tapi kamu blognya ada dua yah? bingung sayanya, yang selalu update yang mana? :)


komentar tulisan.. Aku aneh tuh ama yang gugat :( wong TIMNAS lagi berjuang, kok malah diberi masalah yang bukan2 aja. Pokoke mah, garuda di dadaku!!!

Abi Sabila mengatakan...

satukan suara, dukung timnas Indonesia untuk jadi juara!

ChugyGogog mengatakan...

Kalau menurut ane sih sepertinya tidak masalh selagi itu di gunakan untuk hal yg baik .... apalagi lambang garuda kan di pakai untuk tim nas jadi So what gitoh............wekwekwekwek

M.Iqbal Arifhan mengatakan...

Wha menurtuku sih wajar2 aja sih kalau lambang garuda tetap ada di pakai untuk timnas, soalnya itu kan justru memotivasi timnas, dan menjadi sebuah kebanggan juga bagi mereka.

ReBorn mengatakan...

^multibrand
setuju pak. menurut saya juga begitu, yang penting adalah tujuan penggunaannya.

^mbak fanny
*loncat*
*kaget*
:D

^anazkia
santai aja, ga usah dipaksain, ntar ga iklas lagi. ghehehe.

itu yang jadi permasalahan kita semua. dukungan yang saat ini diperlukan timnas, bukan malah digugat.

^abi sabila
weh, pastinya dong. :)

^ChugyGogog
gitu aja kok repot ya? ghehehe. kenapa gue jadi kangen ama gusdur gini. :)

^M.Iqbal Arifhan
kebanggan buat gue juga pas make baju timnas yang ada lambang garuda di dada gue. :)

Kisah Abu Nawas mengatakan...

salam sob
akan selalu aku dukung Indonesiaku ini

[buwel]بوويل mengatakan...

hwaduh baru tahu neh cerita sebenernya kek gitu.. makasih mas

Muhammad A Vip mengatakan...

di Amerika lambang negara buat olok-olok juga nggak apa-apa, yang penting kan tidak merusak negara dengan hidup seenaknya.

Miftahgeek mengatakan...

Kasih muka ente gan :D

ReBorn mengatakan...

^kisah abu nawas
sama dong. :)

^buwel
semoga saya ga salah ngasih berita

^M A Vip
yaaa, gitu deh pak. :)

^miftahgaek
ntar nambah banyak dong yang ganteng? ghahahaha.