Jangan berulang

Minggu, 04 September 2011
Selamat hari raya Idul Fitri 1432 H, gw selaku penulis di blog ini dan mungkin juga mewakili penulis yang lain (red: Raja ) dan admin (red: mas Nugroho) mengucapkan minal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin.

Ngomongin soal lebaran, seru ya penentuan 1 syawal di negeri ini. Semua ormas islam melakukan penentuan hilal atau masuknya bulan baru dengan metode mereka masing-masing. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini juga terjadi perbedaan penentuan jatuhnya 1 syawal. Muhammadiyah menentukan 1 syawal itu jatuh di tangal 30 Agustus dan pemerintah menentukan 1 syawal jatuh tanggal 31 Agustus, sama dengan penentuan dari NU. Gw disini gak menyalahkan dan tidak menuduh siapa yang benar. Semuanya punya metode masing-masing. Ada yang menggunakan Rukyah dan Hisab. Tapi gw menyayangkan sampai terjadi perbedaan seperti ini. Perbedaan sekali dua kali, mungkin bagi gw masih ditolerir. Tapi, lebaran ini adalah lebaran ke tiga kalinya gw mengalami perbedaan 1 syawal. Setiap terjadinya perbedaan, selalu diiringi dengan kata-kata "Dengan adanya perbedaan ini, tidak memecah belah umat muslim". Maaann..!! apakah gak ada jalan tengah  antara Muhammadiyah dan NU dalam menentukan 1 syawal? Apakah dari kedua belah pihak tidak ada niatan untuk duduk bersama membicarakan hal ini?

Masa iya sih, dalam satu negara harus menunggu sekian puluh titik daerah yang ditunjuk untuk melihat hilal mengatakan "iya saya melihat hilal" Kalau seperti itu, sama aja seperti gw berada di Jakarta Selatan gak akan berbuka puasa walaupun di Jakarta Timur sudah adzan. Karena dalam 1 syawal 1432 H kemaren, hilal sudah tampak di daerah Cakung,yang berarti 1 syawal jatuh di hari Selasa. Info klik disni. Sekarang karena sudah berjalan, kita hanya bisa melihat dan menghitung. Jika 1 syawal jatuh di hari Selasa, maka di tanggal 15 Syawal bulan memasuki bulan purnama. Kalau belum, atau mungkin besoknya baru memasuki purnama. Maka 1 syawal jatuh di haru Rabu. :)

sasaran terkunci gan :p






7 komentar:

Ria Tumimomor mengatakan...

selamat merayakan Idul Fitri ya (maaf telat banget) dan yah, mudah2an saja taun depan hal seperti ini tidak terulang lagi.

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

BAHAHAHA Ngakak gue liat gambarnya B)

ReBorn mengatakan...

buat yang lagi ngeker: cewenya make baju ga, gan?

:D

Asop mengatakan...

Maap lahir batin! :)

esnug mengatakan...

hahahaha kumisnya yang lagi ngeker itu lho.... kayak siapa gitu.. :D

21inchs mengatakan...

yg ngeker kocak bgt.

Zulfadhli's Family mengatakan...

Dear.

1. walo telat gw juga mau ngucapin met idul fitri....

2. kalo beda tanggal lebarana... gwww gak punya ide dan pendapat apapun... ikut aja lahaaa... maklum gw gak faham sama sekali masalah ini...


regards.
... Ayah Double Zee